4 Hal Wajib Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air


http://www.sitoecommerce.org – Pernah mengalami laptop terkena air? Atau malah lebih parah lagi, mengalami laptop yang tanpa sengaja terkena air hujan dan basah? Kedua kejadian tersebut tentunya membuat kamu semua merasa panik tanpa henti. Terlebih bila memikirkan kemungkinan apa yang mungkin saja terjadi pada laptop yang basah tersebut.

Laptop Masuk Air
Laptop Masuk Air

Worst case scenario, laptop yang basah tersebut membuat kemungkinan besar laptop akan menjadi rusak. Alasannya tentu saja konsleting. Seperti yang diketahui, bukan hanya laptop namun nyaris semua gadget akan mengalami masalah yang sama bila terkena airr. Konsleting yang menjadikan laptop mati sepenuhnya atau malah mengalami kerusakan permanen. Menakutkan bukan?

Namun sebenarnya tak perlu panik karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang terkena air. Setidaknya, 4 cara dibawah ini merupakan hal pertama yang seharusnya kamu lakukan ketika laptop terkena airr. Di bawah ini merupakan 4 cara tersebut.

1. Segera matikan laptop

Konsleting merupakan hal yang terjadi ketika jaringan listrik bertemu dengan airr. Menjadikan terjadinya arus pendek yang menyebabkan kerusakan pada bagian dalam laptop itu sendiri. Karena itu ketika laptop yang kamu miliki terkena airr, hal pertama yang wajib dilakukan ialah mematikan laptop. Segera cabut laptop dari arus listrik dan bila perlu keluarkan baterai laptop.

Hal pertama ini yang dilakukan bisa membuat laptop kamu setidaknya aman untuk sementara waktu dari konsleting. Jadi ketika laptop terkena airr atau pun karena airr hujan, hal yang pertama kali kamu lakukan adalah mematikan laptop serta mengeluarkan baterai dari dalam laptop.

Berikutnya lakukan hal kedua di bawah ini.

2. Keringkan laptop

Setelah memastikan laptop mati serta mematikan tak ada arus listrik pada laptop. Baik itu dari sumber listrik hingga dari baterai. Berikutnya tinggal keringkan laptop. Pastikan kamu mengerikan laptop dari semua airr yang ada pada laptop. Baik itu dipermukaan hingga pada sela-sela laptop. Pastikan kamu benar-benar mengeringkan semua airr yang semua ada pada laptop.

Lebih baik lagi kamu mengeringkan laptop dengan kain khusus yang memang menyerap airr. Selain itu bisa juga gunakan blower pada sela-sela laptop untuk memastikan tak ada airr lagi yang tersisa pada sela-sela laptop pula. Memastikan laptop kering secepat mungkin juga bisa mencegah terjadinya konsleting pada laptop. Semakin lama kamu mengeringkan laptop dari airr, maka semakin besar kemungkinan terjadi konsleting pada laptop nantinya.

Mengeringkan airr dengan blower pun harus berhati-hati, jangan sampai hanya akan menyebarkan airr pada laptop ke bagian lain dan bukannya mengeringkannya.

3. Jemur baterai

Ketika mengeringkan laptop, pastikan bagian yang menghubungkan laptop dengan listrik pun benar-benar kering tanpa adanya airr sama sekali. Selain itu langkah ketiga yang bisa dilakukan, menjemur baterai. Baterai lithium yang normalnya digunakan laptop memang tak masalah untuk dikeringkan. Namun ada beberapa cara khusus untuk mengeringkan baterai laptop ini.

Pertama pastikan kamu menutupi baterai laptop dengan kain atau penutup yang tak menyerap panas. Selain itu juga pastikan untuk tidak menjemur baterai langsung di bawah sinar matahari atau ditempat yang panas.

Pilihan lain untuk menjemur baterai juga bisa dilakukan dengan meletakkan baterai di dalam beras selama beberapa lama. Beras memiliki fungsi menyerap airr dan juga uap airr yang ada di dalam baterai. Lebih aman memang menggunakan beras untuk menghilangkan airr dalam baterai dari pada menjemurnya langsung.

4. Bongkar dan keringkan bagian dalam laptop

Pertama yang bisa dilakukan dengan melepas bagian layar pada laptop. Karena seringnya bagian yang mendapatkan masalah pada airr yang masuk ke dalam laptop ialah bagian layar. Karena itu bila memang kamu bisa melakukannya keluarkan layar laptop dan bersihkan airr yang ada di dalamnya. Untuk bagian ini gunakan lap khusus yang menyerap airr dan bukannya blower.

Setelah itu baru lepas bagian keyboard yang biasanya menjadi bagian lain yang paling sering pula terkena airr. Untuk bagian ini bisa menggunakan blower. Baru kemudian perlahan-lahan lepas bagian dalam laptop dan keringkan.